Another Story.. :)

little footnote from my life..

Obat mata ikan/clavus : Cara Pemakaian Callusol (bagian 2)

Tulisan kali ini merupakan sambungan dari bagian sebelumnya. (lihat di sini)

Kali ini saya akan menceritakan salah satu pengobatan mata ikan

dengan menggunakan obat farmasi bernama CALLUSOL.

Untuk mengobati mata ikan dengan Callusol akan memerlukan:

  1. Kapas atau kain kassa
  2. Gunting
  3. Plester
  4. Callusol

Perlengkapan pengobatan ini bisa dengan mudah didapatkan

di apotik atau toko obat lainnya.

Untuk mendapatkan perlengkapan ini Anda akan

menghabiskan biaya sekitar  35 ribu – 40 ribu rupiah. (25ribu untuk callusol)

Perlengkapan pengobatan

Berikut adalah tata cara penggunaan obat yang saya ikuti:

  1. Cuci kaki/bagian mata ikan dengan air hangat dan sabun
  2. Keringkan bagian yang sudah dicuci
  3. Ambil kapas/kain kassa potong sesuai dengan ukuran mata ikan
  4. Tuangkan callusol ke kapas/ke mata ikan (jangan sampai melebihi bagian mata ikan)
  5. Tutup bagian yang terkena mata ikan dengan kapas
  6. Rekatkan kapas pada mata ikan dengan menggunakan plester
  7. Ulangi langkah 1-6 setiap selesai mandi

hal-hal yang perlu menjadi catatan adalah:

  1. Usahakan bagian yang diplester tidak lembab.
  2. Jaga kebersihan kaki dan gunakan alas kaki yang nyaman.
  3. Jangan sampai obat callusol menutup kulit lebih dari ukuran mata ikan. Hal ini bisa menyebabkan bagian kulit yang sehat ikut mengeras, memutih, dan ikut mengelupas. Oleh karena itu, jika digunakan dengan kapas/kasa potonglah kapas/kasa seukuran mata ikan.
  4. Tutuplah kemasan Callusol dengan rapat karena obat ini sangat cepat kering. Saat obat ini mengering akan terlihat memutih dan mengeras hingga membentuk lapisan.

kaki setelah diplester

Nah..seperti inilah wujud penampakan kaki saya setelah diplester.

Setelah diobati dengan callusol maka bagian mata ikan akan terlihat memutih

seperti gambar di bawah ini.

Hasil pada hari kedua

Hasil pada hari ketiga

Terlihat dari kedua gambar hasil pemakaian callusol,

semakin lama bagian yang terkena mata ikan akan semakin memutih.

Bagian tersebut juga akan mengalami pengerasan.

Saat ini saya belum mengalami pengelupasan.

Namun, jika berjalan sesuai dengan harapan maka seharusnya bagian yang

memutih tersebut akan terkelupas.

 

Inilah hasil yang saya dapatkan. :D

Semoga bisa berjalan sesuai dengan harapan.

i’ll keep you posted! 

Cheers! ;)

12 comments on “Obat mata ikan/clavus : Cara Pemakaian Callusol (bagian 2)

  1. Pingback: Penyebab dan Obat untuk Mata Ikan/Clavus (bagian 1) « Another Story.. :)

  2. Imron Rosyadi
    June 21, 2012

    Salam kenal
    Saya juga kena mata ikan nih. Makai callusol juga.
    Tapi tidak saya perban.. jadi harus diperban ya biar cepet sembuh?
    baiklah akan di coba.
    Makasih infonya ya

    http://nurimzaidin.wordpress.com/

    • trianamustika
      June 21, 2012

      Halo.. :) bbrp org yg pernah mencoba mengatakan lbh baik diperban, terutama jika terasa nyeri supaya tdk sakit. Namun, skrg saya sdg mencoba menggunakan obat cina dan hasilnya lbh cepat terlihat.. Mungkin dlm bbrp hari ke depan akan saya buat post ttg pengobatan dgn plester obat cina dan perbandingannya dgn callusol. Smg mata ikan ini cepat pergi dan tdk kembali lagi. XD

      • Imron Rosyadi
        June 21, 2012

        kalo boleh tau, beli obat cina nya dimana?

      • trianamustika
        June 21, 2012

        Saya beli online.. :D di kaskus. Dicari saja.. Zafira shop. Maaf skrg sdg tdk menggunakan komputer jd agak sulit untuk membalas dan memberi keterangan lainnya..byk yg jual dgn harga 15-25ribu satu pak (isi6)Tapi aslinya kalau dicari di toko obat cina 1 pak isi 6 harganya kurang dr 10ribu. Di jakarta bs dicari di daerah jatinegara atau toko obat cina lainnya.

  3. Pingback: Obat mata ikan/clavus : Cara Pemakaian Plester Mata Ikan Obat Cina (Bagian 3) « Another Story.. :)

  4. linda
    August 1, 2012

    mikum….mba q jga pnya mata ikan loh.awal ea satu tpi tba” jdi bnyak…n skrng dh ad 5,sya coba pke callusol tiap hri hsil ea nihil mata ikn mlah mkin bsar.gmna tuh???mw cri obt cina d sni susah mba.

    • trianamustika
      August 4, 2012

      walaikumsalam..coba dicek saja mbak ke dokter, dokter umum saja cukup. :) memang pakai callusol cukup lama hingga terlihat reaksinya, kalau saya menggunakannya dikombinasikan dengan obat cina untuk membantu mengeringkan. (mungkin nanti saya buat lagi post baru tentang itu) obat cina bisa dicari di toko online.

  5. chopie cietoz
    August 6, 2012

    aku mau tanya nih,saya uda pake callusol ud bbrp minggu,cara melihat kalo mata ikannya uda hilang gmn?soalnya ud klihatan dagingnya

    • trianamustika
      August 8, 2012

      hmm..saya juga kurang tahu sebetulnya jika sudah benar-benar hilang itu akan seperti apa?namun, saat ini di kaki saya sdh tidak terasa adanya penebalan ataupun ada spot yang rasanya lebih keras dibanding yang lain.

      Saya menggunakan obat callusol+plester cina untuk mata ikan. Pada kasus saya sepertinya tidak sampai terlihat daging, hanya sampai kulit tipis yang terlihat merah. Saya menghentikan penggunaan callusol saat terasa sangat panas dan seperti terbakar di daerah kulit tersebut.Sungguh tidak tahan dengan rasa panasnya.. >.<

      Dari pengalaman saya, di bagian yang terkelupas muncul seperti serabut-serabut hitam yang akhirnya mengeras dan bisa dikelupas. Setelah serabut itu tercabut baru rasanya bagian kulit yang terkena mata ikan kembali normal. Mungkin nanti akan saya buat tulisan lain terkait dengan pengalaman tersebut. ;)

      Semoga mata ikannya cepat hilang. :D

  6. fahmi
    September 1, 2012

    saya juga kena penyakit mata ikan Gan……
    tapi saya tidak menggunakan obat callusol ,obat china dan lainnya
    saya cukup menggunakan gunting kuku dan silet
    langkah nya
    1. kopek lah mata ikan dgn gunting kuku sampai keluar darah nya sdikit /setitik sampai 2 titik yg berdarah
    2. ksih betadin teruss ksih kapas dan ksih plester selama 1 hari ajah
    3.buka plester nya
    4.klo sudah di buka maka mata ikan nya akan warna putih
    5.klo sudah tandai lingkaran pada mata ikan pakai pulpen
    6.jika sudah di tandain lingkaran pakailah silet untuk mengupas mata ikanya
    sesuai tanda yg lingkaran yg di buat . jika sudah di silet di akan mengeluarkan darah . tapi darahnya tidak banyak gan cuma 1 titik/3titik gan
    7. jika sudah rendem dengan air panas dgn 10 mnit
    8.jika sudah di rendem kasih betadin teruss ksih kapas dan kasih plester
    9. jaga kaki biar gk kotor gan / melembab selama 2hari gan
    10. jika sudah buka
    11. dan sembuh lah mata ikan kalian

    kalau itu tips menghilangkan mata ikan dgn cara saya
    memang kayanya terasa serem dan sakit gan
    sebelum nya saya di kasih tau teemen saya tapi saya juga ngeri dan pasti terasa sakit
    setelah saya pikir2 mana ada penyakit yg tidak sakit gan . klo gk sakit brarti itu bukan penyakit gan
    terus saya coba gan tips dari temen saya
    setelah saya coba ternyata bener gan mata ikan saya ilang dan sembuh

    • trianamustika
      September 4, 2012

      nah, kalau yang ini saya kurang tahu deh. xD
      Benar sekaalii.. terlihat mengerikan dan sepertinya sakit.
      Waktu awal-awal tahu kena mata ikan sempat mau mencoba juga,
      tapi khawatir dengan masalah sterilisasi alat-alat yang digunakan.
      Makanya coba yang masih obat luar dulu dan ternyata berhasil.
      Kalau dipikir-pikir dengan gunting kuku+silet sepertinya sama dengan melakukan pembedahan.
      Bedanya kalau di dokter alat-alat yang digunakan telah disterilkan
      dengan metode-metode tertentu.

      Jujur..kalau saya kurang berani mengambil risiko.
      Takut kena tetanus atau sejenisnya.
      Belum lagi kalau salah silet.. nanti berdarah kemana-mana.
      Bukan sembuh nanti malah tambah parah. =.=”
      Duh..membayangkannya saja seram rasanya.

      Tapi jika ada yang ingin mencoba mungkin bisa diikuti.
      meskipun saya sendiri kurang menyarankan.
      Cek dulu saja ke dokter umum.
      tidak ada salahnya berjaga-jaga. :)

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 19, 2012 by in Health&Beauty and tagged , , , , , , .
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

